Minggu, 21 April 2013

6. DESIGN

6. a). Prinsip Design
    b). Ide dalam membuat Design
    c). Tantangan dalam membuat Design
    d). Contoh Design dalam kehidupan sehari-hari
    e). Design Grafik

Jawaban :
6. a). Prinsi Design
   ada 10 prinsip Design yang baik menurut Dieter Rams :
   1. Desain yang baik selalu berinovasi
   2. Desain yang baik membuat produk lainnya berguna
   3. Desain yang baik adalah yang memiliki estetika
   4. Desain yang baik membuat produk mudah dimengerti konsumen
   5. Desain yang baik tidak mengganggu/menyusahkan konsumen
   6. Desain yang baik jujur dengan produknya
   7. Desain yang baik adalah yang bertahan lama
   8. Desain yang baik detail prosesnya dari awal hingga akhir
   9. Desain yang baik adalah yang ramah lingkungan
 10. Desain yang baik memiliki bentuk yang simpel

    b). Ide atau Gagasan dan Ekspor Desain
Tab Ide adalah cara terbaik untuk cepat membayangkan hak desain website anda di depan mata Anda.
Membuat Desain Anda
Mari Artisteer membuat desain untuk Anda. Fitur desain Suggest terbaik digunakan di awal. Hal ini memungkinkan Anda untuk melihat berbagai desain yang tersedia dan membantu Anda menentukan gaya dan tema yang Anda sukai.
Membuat Penyesuaian
Anda dapat membuat penyesuaian pada komponen banyak individu saat brainstorming ide-ide untuk desain Web Anda. Mungkin font yang tidak sesuai dengan tata letak situs atau tombol tidak cocok navigasi. Dengan melakukan penyesuaian ini, Anda bisa lebih mendekati tampilan yang ingin Anda capai.
 Setelah Anda telah selesai pada tampilan dasar situs Anda, Anda dapat mengekspor sebagai desain atau template yang kompatibel dengan jenis blog yang ingin Anda gunakan.

Ada dua langkah yang perlu diikuti untuk ekspor desain :
Pertama, pilih template yang akan diterapkan dan digunakan ketika melihat halaman di Artisteer. Saat mengikuti template yang tersedia: Website Design, WordPress dan CodeCharge Studio.
Selanjutnya, kirim Artisteer apa opsi ekspor yang ingin Anda gunakan saat membuat template yang dipilih. Pilih pilihan yang dikehendaki Ekspor Desain untuk mengekspor dan menyimpan file desain Anda sebagai gaya individual.

   c). Tantangan dalam membuat Design Antara lain: Proses pembuatan. Metoda merancang.          Produk yang dihasilkan (rancangan). Serta disiplin ilmu yang digunakan (desain).

   d). Contoh design dalam kehidupan sehari-hari
        Gambar, Animasi, Kartun, Lucu

   e). Desain Grafik
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakangambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain). Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.



Bagian dari interface yang terlihat dan menimbulkan cita rasa
a). Sesuatu yang seseorang lihat pertama kali, dan menimbulkan kesan serta mempengaruhi tingkat   emosi (mood)
b). Salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi.Desain grafis umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.


Kesimpulan : 
dalam membuat suatu desain memang sangat dibutuhkan adanya suatu ide dan prinsip-prinsip dasar agar desain yang hndak kita buat dapat menghasilkan sebuah karya desain yang baik,bagus dan bermutu.

Sumber :
- www.slideshare.net/vidiyan/prinsip-desain
- http://membuatwebsite-pemula.blogspot.com/2012/11/ide-atau-gagasan-dan-ekspor-desain.html
- http://kyfi.wordpress.com/2010/11/01/desain-dalam-


                                   UNIVERSITAS GUNADARMA
http://gunadarma.ac.id/
http://studentsite.gunadarma.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar